Hidup Sehat

Wanita Wajib Tahu! Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

Manggis merupakan salah satu buah yang mudah ditemui di Indonesia dan memiliki rasa yang asam dan manis. Dengan kandungan nutrisi di dalamnya, buah manggis ternyata memiliki berbagai manfaat untuk ibu hamil. Berikut adalah manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui.

Buah manggis mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti asam folat, serat, karbohidrat, dan vitamin C. Berbagai kandungan tersebut ternyata bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Berikut ulasan lengkap mengenai manfaat manggis untuk ibu hamil.

Mencegah Cacat Lahir

Asam folat dalam manggis berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan organ bayi. Dengan rutin mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat selama masa kehamilan dapat membantu mencegah bayi mengalami cacat lahir.

Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil selanjutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imun ibu hamil harus bekerja lebih keras karena melindungi dua tubuh, dirinya sendiri dan tubuh janin. Karena beban tersebut, membuat sistem perlindungan menjadi lebih lemah sehingga ibu hamil lebih rentan terhadap infeksi.

Manggis mengandung vitamin C dan serat yang tinggi sehingga dapat membantu ibu hamil menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, manggis juga bersifat antioksidan dan antibakteri yang mampu melindungi tubuh dari bakteri dan radikal bebas.

Mengontrol Gula Darah

Ibu hamil berisiko mengalami diabetes gestasional, yaitu kadar gula darah tinggi selama kehamilan. Jika hal tersebut tidak dikontrol dapat mengakibatkan komplikasi pada ibu maupun bayi, misalnya lahir prematur.

Dalam penelitian membuktikan bahwa kombinasi kandungan xanthone dan serat yang terkandung dalam manggis dapat membantu mengontrol gula darah pada ibu hamil sheingga dapat menurunkan risiko diabetes gestasional.

Mencegah Anemia

Kandungan vitamin C dalam buah manggis juga bermanfaat mencegah anemia pada ibu hamil. Hal tersebut karena vitamin C memiliki peran dalam proses penyerapan zat besi ke dalam tubuh sehingga hemoglobin dapat membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, kandungan zat besi dalam manggis membantu ibu hamil mengatasi kelelahan yang sering terjadi pada ibu hamil.

Melancarkan Pencernaan

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, terdapat 1,5 gram serat pada 100 gram buah manggis segar. Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, manggis dapat membantu melancarkan sistem pencernaan serta mencegah sembelit pada ibu hamil.

Mengontrol Kolesterol dan Menurunkan Risiko Stroke

Buah manggis ternyata juga dikenal untuk meningkatkan kesehatan jantung. mengkonsumsi manggis ketika hamil mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

Hal ini berpotensi meningkatkan aliran darah pada sistem saraf sehingga dapat mengontrol terjadinya serangan jantung dan stroke.

Mencegah Tuberculosis

Sebuah penelitian membuktikan bahwa buah manggis dapat menghambat dan membunuh Mtb atau Mycobacterium tuberculosis yang merupakan salah satu penyebab tuberculosis.

Itulah beberapa manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang dapat kamu jadikan referensi. Kamu dapat mengkonsumsi buah manggis dengan dimakan langsung maupun dibuat berbagai olahan seperti smoothie. Sangat penting bagi ibu hamil mengonsumsi makanan dengan nutrisi dan gizi yang cukup sehingga janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.