Hidup Sehat

Diet Gampang, Ini 5 Makanan Diet Pengganti Nasi

rang Indonesia terkenal dengan stigma “belum kenyang jika belum makan nasi”, bahkan mau makan mie instan pun tetap ditambah secentong nasi. Mengapa demikian? Nasi, dalam hal ini beras putih, merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia yang paling banyak dikonsumsi.

Namun tahukah kamu? Selain mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi, kalori nasi putih juga cukup tinggi. Hal inilah yang berpotensi membuat angka timbanganmu bergeser ke kanan. Eitts, jangan khawatir dulu. Faktanya, nasi putih bukan satu-satunya sumber karbohidrat kok. Yuk lanjutkan diet sehat makanan diet pengganti nasi seperti di bawah ini.

  1. Nasi merah

Jika kamu tetap ingin memakan nasi-nasian, tak ada salahnya untuk mencoba nasi merah. Kandungan serat pada beras mencapai 0,7 gram serat per 100 gram beras merah, sedikit lebih tinggi dari pada yang terkandung pada beras putih, yaitu 0,4 gram serat per 100 gram beras putih.

Selain itu, beras merah merupakan pilihan cerdas untuk diet karena indeks glikemiknya yang rendah. Artinya, nasi merah akan lebih lama dicerna dan bisa mengenyangkan dalam waktu yang lebih lama pula. Nasi merah juga mengandung gula yang lebih rendah dari pada nasi putih, sehingga sangat baik untuk penderita diabetes.

  1. Nasi coklat

Masih sejenis nasi-nasian,  kamu  juga bisa mencoba nasi coklat, yang berasal dari beras coklat. Sama seperti beras merah, beras coklat juga merupakan karbohidrat kompleks. Kandungan serat yang lebih tinggi serta indeks glikemik yang lebih rendah membuat beras coklat cocok untuk diet.

Lebih dari itu, beras coklat juga mengandung nutrisi yang lebih lengkap, seperti vitamin B2, folat, zat besi, kalsium, selenium. Bahkan kandungan magnesium yang jauh lebih banyak dari nasi putih membuat nasi coklat baik untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, otot dan otak.

  1. Roti gandum

Alternatif makanan diet pengganti nasi lainnya adalah roti gandum yang sangat tinggi serat, sekitar 4 gram serat pada selembar roti gandum 46 gram. Indeks glikemik yang rendah juga bisa membuatmu merasakan kenyang lebih lama.

Tak hanya serat, roti gandum juga kaya nutrisi. Sebut saja vitamin B, E, dan K, protein, antioksidan, mineral, magnesium, kalsium, fosfor, folat, kalium, sodium, dan zinc, semua terkandung di dalamnya. Selain itu, mengonsumsi roti gandum tak akan membuatmu merasa bersalah karena rendah lemak dan bebas kolesterol. 

  1. Oat

Oat juga merupakan salah satu jenis gandum utuh yang bagus untuk diet. Kandungan gluten dan kalori yang lebih sedikit, dapat menghindarkanmu dari surplus kalori.

Selain itu, manfaat oat masih banyak lagi, antara lain dapat menurunkan risiko berbagai penyakit seperti kolesterol, ddiabetes, penyakit jantung, dan kanker. Hal ini didukung oleh kandungan nutrisi oat yang cukup lengkap, seperti protein yang lebih tinggi, vitamin B1 dan B2, fosfor, magnesium, dan zinc.

  1. Kentang

Kamu juga bisa menggunakan kentang untuk alternatif makanan diet. Kalorinya yang rendah, membantumu untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Selain seratnya yang tinggi, kentang juga dilengkapi dengan vitamin B1, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin C.

Mengonsumi kentang rebus atau kentang kukus adalah pilihan bijak untuk tetap sehat saat menjalani diet.Itulah 5 makanan diet pengganti nasi yang dapat kamu coba. Meskipun sedang diet, jangan lupa untuk tetap mencukupi kebutuhan nutrisi harian ya agar kesehatan kamu tetap terjaga.