Hidup Sehat

Perempuan,Ini Dia Manfaat Kunyit Asam untuk Haid

Kunyit asam adalah ramuan tradisional yang terdiri atas kunyit dan asam jawa. Kunyit asam ini telah dikonsumsi sejak zaman dahulu karena memiliki banyak manfaat, termasuk juga untuk perempuan. Perempuan biasanya mengonsumsi kunyit asam untuk haid.

Mengapa perempuan mengonsumsi kunyit asam ketika haid? Memangnya ada manfaat kunyit asam untuk haid?

Tanpa menunggu terlalu lama, segera baca ulasan di bawah ini untuk mengetahui manfaat kunyit asam untuk haid! 

Mengenal Kunyit Asam

Sebelum melangkah ke pembahasan manfaat kunyit asam untuk haid, kamu sebaiknya mengenali kunyit asam terlebih dahulu.

Apa itu kunyit asam? Kunyit asam adalah ramuan tradisional yang merupakan gabungan dari dua rempah-rempah, yaitu kunyit dan asam jawa. Ramuan ini biasanya hadir dalam bentuk jamu.

Jamu kunyit asam berwarna kuning pekat. Jamu ini menjadi pilihan banyak orang karena memiliki rasa yang tidak terlalu pahit, manis, atau asam.

Selain karena rasanya, jamu kunyit asam banyak dipilih karena memiliki berbagai manfaat. Salah satu manfaatnya untuk perempuan adalah melancarkan haid.

Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Haid

Jamu kunyit asam bermanfaat untuk perempuan, terutama terkait dengan haid. Beberapa contoh manfaatnya adalah meredakan nyeri haid dan melancarkan haid. Namun selain itu, ada pula manfaat lainnya.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut tentang lima manfaat kunyit asam untuk haid tersebut:

  1. Meredakan Nyeri Haid

Banyak perempuan yang mengalami nyeri haid ketika menstruasi. Nyeri ini biasanya terjadi di panggul, punggung bagian bawah, atau perut.

Kunyit asam bisa meredakan rasa nyeri tersebut karena mengandung kurkumin. Kurkumin bisa menghambat produksi hormon yang menyebabkan radang dan nyeri, yaitu hormon prostaglandin. Pada perut, kurkumin bisa membuat kontraksi antara otot rahim dan usus menjadi lebih tenang. Sehingga, rasa sakit di perut karena haid pun akan berkurang.

  1. Melancarkan Haid

Mengonsumsi kunyit asam secara rutin akan membuat siklus haid semakin lancar. Siklus haid lancar yaitu sekitar 28 hari, sedangkan siklus haid yang tidak teratur bisa lebih dari 35 hari.

Haid yang lancar bukan hanya berkaitan dengan waktunya saja. Melancarkan haid juga bermaksud untuk menormalkan aliran darah haid, alias tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Kunyit yang terkandung dalam kunyit asam bisa menstimulasi aliran darah di rahim dan panggul. Dengan demikian, kunyit akan memicu haid secara alami.

  1. Mengatasi PMS

PMS atau pre mentrual syndrome terjadi sebelum perempuan mengalami haid. PMS ditandai dengan beberapa gejala seperti lemas, muncul jerawat, atau sakit kepala.

Gejala-gejala tersebut bisa diatasi dengan minum jamu kunyit asam. Hal ini disebabkan karena kunyit bisa memicu sistem imun untuk bekerja dengan lebih baik. Jika daya tahan tubuh kuat, sakit kepala atau lemas pun tak akan dialami lagi. Begitu pula dengan jerawat yang disebabkan oleh bakteri, mereka tak akan berani muncul.

  1. Memperbaiki Mood

Salah satu efek dari haid adalah perubahan mood secara drastis. Perempuan bisa saja merasa sedih, marah, atau senang dalam waktu yang berdekatan.

Manfaat kunyit asam untuk haid selanjutnya adalah memperbaiki mood. Ini karena kandungan kurkumin pada kunyit bisa menjadi antidepresan alami yang mampu menyeimbangkan beragam zat kimia di otak. Akibatnya, emosi menjadi lebih seimbang. Perubahan mood drastis atau depresi menjadi lebih jarang terjadi. 

  1. Mencegah Infeksi Jamur atau Bakteri

Haid bisa meningkatkan risiko vagina terkena infeksi bakteri dan jamur. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan kunyit asam.

Salah satu fungsi kunyit yang cukup penting adalah sebagai antijamur dan antiseptik alami. Kunyit mampu melawan jamur dan bakteri yang tidak baik untuk vagina. Demikian manfaat kunyit asam Huntuk haid yang perlu semua perempuan ketahui. Ternyata, kunyit asam sangat baik untuk dikonsumsi baik sebelum, ketika, ataupun sesudah haid. Mulai sekarang, kamu tak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi jamu kunyit asam!